Rabu, 25 April 2018

Tips mengendari mobil SUV dengan aman dan benar

Peminat dari mobil SUV memang semakin banyak sekali. Karena mobil ini memang memiliki ukuran yang lebih besar dan juga pastinya lebih berat dibandingkan dengan mobil jenis lainnya. Namun hal tersebut memang membuat mobil jenis SUV ini tidak selincah seperti mobil MPV, sehingga memiliki resiko 3 kali lebih besar untuk terbalik dibandingkan dengan jenis mobil penumpang yang lainnya. Biasanya kecelakaan terjadi karena pengemudi mobil yang yang seringkali kehilangan keseimbangan. Terlebih lagi bagi mereka yang sudah terbiasa menggunakan mobil sedan, tiba-tiba beralih menggunakan mobil SUV. Berikut ini kami akan membagikan beberapa tips agar lebih aman dalam mengendarai mobil SUV, serta bisa menghindar terjadinya kecelakaan. Silahkan anda bisa menyimak tipsnya dibawah ini :


1. Gunakan kecepatan yang rendah saat berbelok 

Mobil SUV ini memang memiliki kelemahan, salah satunya adalah tidak memiliki pengendalian yang sebaik seperti mobil sedan. Jadi resiko untuk terbalik atau keluar jalur pun memang lebih besar. Terutama ketika berada di tikungan atau jalan yang berkelok. Sehingga seringkali terjadi kecelakaan seperti menabrak pembatas jalan atau mobil terbalik. Untuk itu, sebaiknya anda gunakan kecepatan yang aman atau rendah saja saat akan berbelok atau ketika berada di tikungan yang sempit. 

2. Hindari belokan yang mendadak secara ekstrim 

Tips selanjutnya ketika mengendarai mobil SUV adalah menghindari belokan secara mendadak. Karena hal tersebut bisa membuat pengemudi menjadi kehilangan kontrol dan membuat mobil menjadi terbalik. 

3. Jaga jarak pengeraman 

Karena bobot dari mobil SUV ini memang lebih berat dibandingkan dengan jenis mobil yang lainnya. Sebaiiknya anda menjaga jarak saat akan melakukan pengereman. Terutama saat sedang dalam kondisi hujan. Agar mobil tidak tergelinci dan membuatnya menjadi terbalik. 

4. Atur barang yang ada di bagasi 

Karena mobil SUV ini ukurannya yang besar dan bisa memuat banyak barang. Namun sebaiknya anda harus mengatur dengan baik barang bawaan yang ada di bagasi dengan baik. Sebaiknya barang di letakkan semua di belakang kursi, agar nantinya saat pengereman mendadak, barang tidak terlempar kebagian depan. 

5. Perhatikan kondisi sekitar saat mengemudi 

Karena kondisi duduk pada mobil SUV ini memang cukup tinggi. Sehingga membuat para pengemudi sedikit kesulitan untuk melihat objek yang lebih rendah atau kecil. Seperti meliat anak kecil yang sedang bermain sepeda atau melihat tembok yang ukurannya rendah. Untuk itu, sebaiknya anda harus perhatikan kondisi disekitar saat akan mengemudi. Supaya tidak menabrak objek yang tidak terlihat didepan. 

Tips mengendari mobil SUV dengan aman dan benar ini semoga bisa bermanfaat. Jika ingin mendapatkan tips menarik lainnya mengenai otomotif, anda bisa mengunjungi saja situs websitenya hanya di mobiportal.net 
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner