Selasa, 09 Agustus 2016

Cara Menggunakan Timbangan Digital

Seperti kita ketahui, dalam kegiatan sehari – hari khususnya berjualan menggunakan timbangan memang cukup penting dalam penggunaannya, dengan era modern seperti sekarang tidak jarang banyak alat atau perangkat yang mulai bertransmigrasi dari manual menuju digitalisasi untuk memberikan beragam kemudahan dalam penggunaannya.

Dengan perubahan tersebut cara menggunakan timbangan juga berbeda dari biasanya, hal ini di karena untuk mempermudah pekerjaan dan lebih menghemat waktu. Namun apa yang terjadi bila timbangan digital sendiri malah berbalik menjadi menyusahkan? Hal ini bukan bermaksud untuk memperlambat pengerjaan namun anda harus mengetahui terlebih dahulu saat akan menggunakan model timbangan digital yang ada dipasaran, baik timbangan gantung digital mekanis, timbangan duduk maupun lantai.

Banyak diantara kita yang belum mengetahui cara menggunakan timbangan digital dengan baik, namun anda tidak perlu khawatir karena timbangan digital sendiri diberikan buku pedoman saat akan di gunakan dalam pembelian, untuk itu sebaiknya anda membacanya terlebih dahulu sebelum menggunakan timbangan digital ini. Berikut cara menggunakan timbangan digital yang baik dan benar:

Ragam jenis dan model timbangan digital
Ragam jenis dan model timbangan digital

1. Pelajari Tombol Terlebih Dahulu

Sebelum mulai menggunakan timbangan sebaiknya anda kenali terlebih dahulu tombol – tombol yang tersedia pada timbangan digital, istilah – istilah pada tombol timbangan mungkin belum anda kenal dan ketahui fungsinya. Jadi sebaiknya anda membaca panduan sampai hafal semua fungsi tombol untuk menghindari timbangan digital menjadi salah pengukuran.

Tidak banyak dari orang – orang yang asal menekan tombol untuk menjalankannya karena ingin tahu dalam menggunakannya, hal ini tentu saja cukup merepotkan. Karena bisa saja anda salah menekan tombol fungsi timbangan digital berubah. Maka ada baiknya anda melihat buku panduan terlebih dahulu untuk mengetahui fungsinya.

2. Ketahui Ukuran Maksimal

Sebelum membeli timbangan digital mungkin saja anda menentukan terlebih dahulu ukuran maksimal yang anda pilih, setelah itu berikan pengetahuan pada orang yang akan menjalankan timbangan karena alih – alih terlalu berat memberikan beban pada timbangan digital ini akan membuat timbangan mudah overload dan perlu di kalibrasi ulang untuk mendapatkan ukuran pengukuran yang akurat.

3. Perawatan Timbangan digital

Dalam hal ini maintenance sangat di perlukan sekali untuk memberikan umur lebih panjang pada timbangan digital, untuk itu anda sebaiknya mengikuti aturan yang tertera pada buku panduan untuk menjaga kesehatan timbangan digital.

Seperti beberapa hal yang cukup mempengaruhi umur dari timbangan digital, terutama pada baterai. Baik itu timbangan lantai digital berkualitas, timbangan gantung maupun yang jenis duduk semuanya menggunakan daya baterai untuk menunjang kegiatan mengukur barang untuk menunjang kegiatan portable. Yang perlu di perhatikan adalah cara menggunakan timbangan digital dan pengisian baterai yang akan digunakan, untuk memperpanjang umur baterai ada baiknya anda mematikan timbangan digital sampai baterai penuh, dan di charge saat timbangan digital tidak di gunakan.

Selain perawatan baterai yang perlu di perhatikan adalah kotoran pada body timbangan, agar terlihat lebih awet sebaiknya rutin untuk membersihkan debu – debu di sela yang sulit terjangkau sekalipun. Untuk anda yang menginginkan timbangan yang bekualitas dengan keawetan yang maksimal, menggunakan timbangan digital bisa menjadi salah satu alasan utama anda dalam menggunakan timbangan digital.

4. Perhatikan Layar LED Untuk Hasil

Berbeda dengan timbangan manual yang menggunakan sistem seperti keseimbangan neraca, timbangan digital menggunakan sistem ukuran satuan gram untuk penggunaanya, sehingga sebaiknya anda menggunakan fungsi ini sesederhana mungkin yang dapat menunjang kebutuhan mengukur barang yang anda gunakan. Untuk itu, silahkan bandingkan sendiri untuk kesederhanaan dan kekuatan yang di berikan timbangan digital.

Demikian cara menggunakan timbangan digital mekanis yang dapat menunjang kegiatan berjualan atau mengukur barang yang anda butuhkan menggunakan timabngan digital.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner