Senin, 03 Desember 2012

Manfaat investasi emas sebagai aset kekayaan

Harga emas hari ini setelah hampir 1 minggu dikisaran yang tetap, hari ini harga emas batangan keluaran Antam cenderung terus menguat dikisaran harga 590 ribu atau naik sekitar 6000 rupiah. Berdasarkan data yang dirangkai dari website resmi Logam Mulia, harga emas batangan pecahan 1 gram mengalami kenaikan grafik dari Rp 585.200 per gram selama seminggu ini naik menjadi Rp 589.200 per gram.

Memang banyak faktor yang bisa menyebabkan harga emas batangan mengalami fluktuasi, salah satunya adalah pergerakan emas internasional dan juga menguat atau melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS. Sementara itu harga pembelian emas jika konsumen menjual kembali ke Antam naik dari Rp 515 ribu per gram menjadi Rp 521 ribu per gram. Emas merupakan salah satu potensi investasi yang menguntungkan selain juga aman. Inilah sebabnya mengapa banyak masyarakat yang memilih untuk investasi dibidang ini dibandingkan dengan sektor lain.


Selain pemberitaan mengenai harga emas Antam hari ini, terdapat juga beberapa alasan mengapa begitu banyak masyarakat yang memilih untuk berinvestasi emas. Inilah sebab-sebabnya mengapa manfaat investasi emas sebagai aset kekayaan begitu sangat meyakinkan di Indonesia.

Melindungi Kekayaan (Wealth Preservation)
Emas akan menambah nilai harta serta aset kekayaan. Kenaikan nilai emas diperbandingkan dengan rupiah tiap tahunnya selalu jauh lebih tinggi dibandingkan kenaikan inflasi. Ini membuat nilai kekayaan yang di investasikan pada emas akan menjadi lestari dan tidak termakan oleh pengaruh inflasi nilai tukar mata uang.

Resiko Rendah Sampai Menengah (Medium to low Risk Investment)
Emas adalah investasi dengan resiko menengah cenderung rendah dengan imbal hasil kenaikan nilai yang cukup tinggi pada jangka waktu tertentu.

Aset Nyata (Tangible Asset)
Emas batangan/koin adalah investasi yang ‘nyata’, benar-benar mempunyai nilai secara intrinsik, bukan selembar kertas yang dideklarasi mempunyai nilai dengan jaminan akan harapan.
Hak Kepemilikan 

(Private Property Rights)
Emas batangan/koin yang Anda miliki adalah hak milik pribadi Anda seutuhnya. Karakter emas batangan/koin yang nyata membuatnya independen, tidak bergantung pada institusi tertentu. Anda bisa melakukan hal apapun terhadap emas yang Anda miliki.

Mudah Dicairkan (Liquid Asset)
Emas adalah aset yang paling mudah diperjualbelikan dimanapun tempat dan waktu, tidak bergantung institusi. Bahkan Anda bisa menjadikan emas sebagai jaminan hutang (gadai), sangat jarang investasi lain bisa bertindak demikian.

Bebas Pajak (Tax Free)
Di Indonesia, emas batangan dimasukkan sebagai komoditi produksi yang tidak dikenakan pajak. Sehingga jika Anda berinvestasi pada emas batangan, maka Anda telah berinvestasi pada aset yang bebas pajak.

Demikianlah beberapa teori mengenai manfaat emas untuk investasi hari ini. Kisaran harga emas Antam hari ini per 1 gram diberitakan kembali mengalami kenaikan yang cukup signifikan dan terus pada grafik yang stabil dengan kecenderungan terus naik.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner